Pages - Menu

Rabu, 12 September 2012

MANGGA CHOKANAN

Mangga chokanan adalah mangga yang berasal dari thailand, struktur buahnya empuk dan berserat dan biji nya sangat tipis, itulah yang menyebabkan mangga jenis ini banyak di gemari oleh para penikmat mangga.
Perawatan mangga chokanan tak jauh beda dengan jernis mangga lain, mangga ini termasuk mudah dalam perawatannya, untuk mencapai buah pertama buah biasa nya membutuhkan waktu kuirang lebih 3 tahun dari waktu penanaman ( bibit dari okulasi ) .Pohonnya mempunyai cabang-cabang yang kuat dan bentuknya gampang di atur. Buahnya berbentuk lonjong agak bundar dengan pangkal besar dan ujung runcing. Ukuran buah besar dengan bobot buah sekitar 200-350 gram. Kulit buah tipis dan berwarna kuning kehijauan hingga kuning merata daging buah tebal dengan tekstur berserat beraroma harum biji pelok tipis dan berukuran kecil.. Mangga chokanan yang matang dapat tahan selama 5-7 hari dalam masa penyimpanan. Selain dikonsumsi segar, mangga chokanan banyak digunakan sebagai bahan baku industri sari buah.
Tanaman mangga chokanan termasuk tanaman dataran rendah. Tanaman ini dapat tumbuh dan berkembang baik di daerah dengan ketinggian antara 0-300 m di atas permukaan laut. Meskipun demikian, tanaman ini juga masih dapat tumbuh sampai ketinggian 1.300 m di atas permukaan laut. Daerah dengan curah hujan antara 750-2.250 mm per tahun dan temperatur 24-27° C merupakan tempat tumbuh yang baik untuk tanaman buah ini. Jenis tanah yang disukainya adalah tanah yang gembur, berdrainase baik, ber-pH antara 5,5-6, dan dengan kedalaman air tanah antara 50-150 cm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar