Pages - Menu

Kamis, 13 September 2012

DELIMA HITAM

Buah delima atau biasa kita kenal dengan Punica Granatum Linn / Phomegranathe adalah buah yang biasa kita kenal sebagai buah segar untuk dimakan atau sebagai pelengkap ritual tujuh bulanan. Namun bukan hanya itu, buah delima juga dapat digunakan sebagai bahan untuk pengobatan dan kecantikan.
Buah delima konon berasal dari negeri Persia dan menyebar ke seluruh penjuru dunia. Di Indonesia, buah delima memiliki bermacam-macam nama, seperti di aceh orang menyebutnya Gilma, di Jawa orang menyebutnya dengan buah Gangasan, dan di Jawa barat orang menyebutnya buah delima.
Tanaman delima sangat menarik dijadikan tambulampot karena percabangannya yang rimbun dan daun yang kecil sedikit memanjang dan sangat mudah berbuah meski ditanam di dalam pot yang besar. Di beberapa daerah, jenis delima hitam masih jarang didapati karena yang umum biasa orang tanam adalah delima merah atau delima putih. Karena delima merah dan delima putih lebih dahulu menyebar di Indonesia, orang biasanya menyebut delima hitam dengan delima Spanyol. Mungkin saja ada yang membawa jenis delima ini dari sana sehingga dinamai sesuai dengan Negara dimana mereka membawa buah tersebut.
Tanaman delima dapat ditanam dengan baik dengan pemberian media tanah, sekam, dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1.

2 komentar:

  1. ada bi2tnya gak ni bang, klo ada dijual kah dan brapa harganya,mhon hubngi saya di face book #ardyanbtf@gmail.com# salam kenal ardyan

    BalasHapus
  2. ada kang, siap dikirim, informasi lebih lanjut kita chat on facebook

    BalasHapus